TEMPO.CO , Jakarta --Konsultan digital Abang Edwin S.A memprediksi di tahun depan, salah satu aplikasi yang paling disukai oleh masyarakat Indonesia adalah e-commerce atau toko online. Hal tersebut melihat pertumbuhan aplikasi serupa baik dari luar negeri maupun buatan pengembang lokal.
"E-commerce tumbuh karena ada permintaan masyarakat," ujarnya usai diskusi bersama PT Telkom di Jakarta, Kamis, 31 Oktober 2013.
Dia mengatakan, permintaan masyarakat berkaitan dengan kegemaran belanja dan berjualan. Abang meenyebutkan, kegemaran ini diawali dengan berdagang lewat Facebook dan BlackBerry Messenger.
Hal tersebut kemudian berlanjut ke toko online yang lebih terstruktur, yaitu aplikasi e-commerce. "Ini yang menjadi keputusan pemain besar untuk masuk ke Indonesia," ujarnya.
Abang mencontohkan, aplikasi e-commerce asal Kanada, Shopify yang hadir dengan format blog. Penjual yang berlangganan aplikasi ini bisa menjual barangnya dengan mengatur tampilan blognya sesuai selera.
"Aplikasi yang sifatnya personal dapat disesuaikan dengan karakter pedagang dalam menawarkan barangnya," kata Abang. Sebaliknya, pembeli pun bagaikan mengunjungi suatu toko dengan hanya melihat-lihat koleksi barang dagangannya dari komputer atau perangkat bergerak.
Namun dia mengatakan, untuk bersaing dengan e-commerce dari luar, diperlukan modal besar yang digelontorkan oleh pengembang lokal. "Modal haru kuat, karena yang sudah besar seperti Multiply saja bisa bangkrut," ucap Abang.
Meski harus mengeluarkan modal yang besar, Abang mengapresiasi pengembang serta pelaku digital lokal yang ingin meramaikan persaingan e-commerce, seperti Kaskus. Situs komunitas ini berencana membuka toko online dalam waktu dekat.
"Kaskus kuat di komunitas, e-commercenya pun berpeluang menarik anggota komunitasnya," kata Abang. Namun demikian, Kaskus perlu mengantisipasi masyarakat yang kurang mengenal komunitas tersebut.
Sebabnya, Kaskus memiliki budaya sendiri, misalnya penggunaan istilah yang hanya dikenal oleh penggunanya. "Walaupun kita tidak tahu apakah di e-commercenya nanti Kaskus menerapkan budaya mereka atau tidak," ujar Abang. Kemudahan beradaptasi para pengguna baru merupakan poin penting yang harus diperhatikan agar dapat bersaing dengan e-commerce asing.
SATWIKA MOVEMENTI
Baca juga:
Liger, Anak Harimau-Singa Ditemukan di Bogor
Ada Tato di Tubuh Otzi si Manusia Es
Twitter Perbarui Tampilan Gambar dan Video
Nenek Moyang Indonesia dan Manusia Purba Siberia
Subcribe semua relasi yang berhubungan dengan E-Commerce Bakal Jadi Aplikasi Favorit 2014 sekarang.
No comments:
Post a Comment